Lobang Tambang Berlian Terbesar, Mampu Menyedot Helikopter

Tambang berlian terbesar di dunia ini terletak di Mirna, Siberia Timur, Rusia. Lobang tambangnya memiliki kedalaman 525 meter dan berdiameter 1.200 meter. Saking besar dan dalamnya lobang tambang, hingga aliran udara di lobang tambang mampu menyedot sebuah helikopter ke dasar jurangnya. Sebagai akibat seringnya insiden helikopter jatuh ke dasar tambang, kini pengelola otorita setempat melarang helikopter melintas diatas tambang.

Tambang tersebut ditemukan pada tanggal 13 Juni 1955 oleh ahli geologi Uni Soviet yaitu Yuri Khabardin, Ekaterina Elagina dan Viktor Avdeenko dalam sebuah penelitian yang disebut Ekspedisi Amakinsky. Mereka menemukan adanya jejak batuan vulkanik kimberlite yang biasanya sangat berkaitan dengan berlian.

Temuan ini adalah keberhasilan pertama dalam pencarian jejak batuan kimberlite di Rusia. Setelah beberapa ekspedisi sebelumnya antara tahun 1940-an dan 1950-an mengalami kegagalan. Sebagai penghargaan atas penemuan ini, pada tahun 1957 Khabardin (Pemimpin ekspedisi) diberi anugerah The Lenin Prize, yang merupakan salah satu penghargaan tertinggi di Uni Soviet.

Kondisi iklim di sekitar tambang sangat keras. Tujuh bulan musim dingin per tahun yang membuat lapisan tanah menjadi es, tetapi berubah menjadi lumpur di musim panas. Dengan suhu musim dingin yang begitu rendah sehingga mampu menghancurkan ban mobil dan baja dan minyak akan membeku.

About these ads

2 Responses to Lobang Tambang Berlian Terbesar, Mampu Menyedot Helikopter

  1. Training K3 mengatakan:

    artikle yg menarik…trimakasih

  2. Ping-balik: Biggest Diamond Mine – About Natural In The World

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: